BRICO History

Tentang BRICO :

BRICO = Base Rio Community dibentuk berdasarkan persamaan visi dan misi dari anggota-anggotanya, yang mempunyai jenis mobil sedan yang sama, yaitu jenis mobil sedan yang berasal dari negeri penghasil ginseng dan ilmu beladiri Taekwondo, yaitu Korea.

Adapun jenis sedan (facelift) + station wagon (hatchback) ini sudah memakai teknologi MI-TECH (injection) dan kapasitas mesin 1500 cc, namun walau mempunyai kapasitas mesin yang lumayan besar, untuk soal irit pemakaian bensin, dapatlah dibuktikan oleh penggunanya, yaitu sangat irit sekali.Yang pasti sedan ini telah mendapat tempat dihati para penggunanya di Indonesia. Dan salah satunya adalah komunitas BRICO ini.
  
Jenis KIA RIO facelift maupun station wagon yang terkenal di Indonesia ini mempunyai beberapa tipe, yaitu, tipe LS facelift + station-wagon (hatchback) automatic & manual (th 2000-2003) dan tipe SF facelift manual (th 2003-2005) disebut sebagai generasi pertama, kemudian tipe JB facelift manual (th 2011) dan tipe PRIDE automatic & manual (th2005-2011) disebut sebagai generasi kedua. Saat ini yang terbaru dari jenis tipe facelift adalah tipe UB CERATTO manual (th 2011-sekarang) adalah sebagai generasi ketiga atau yang masih di produksi hingga saat ini.. 

Ayolah bagi pengguna Kia Rio facelift & Station Wagon (hatchback) dgn tipe yang saya sebutkan diatas bisa bergabung di laman ini untuk menjadi salah satu anggota dari komunitas kami, BRICO !!!!
Go Go GO BRICO ..........


SEJARAH SINGKAT KIA RIO

First Generation (th 2000–2005)

KIA RIO LS Sedan (Facelift) + Station Wagon (HB) -- th 2000-2003

Edisi pertama Kia Rio (lebih dikenal sebagai Rio "LS" di Indonesia) ditawarkan dalam 2 bentuk type sedan (facelift) empat pintu dan type (HB) station wagon lima pintu. Saat diluncurkan pertama kali di tahun 2000, Kia Rio jenis station wagon ini merupakan kendaraan yang lumayan mahal dikelasnya di pasar Amerikat, Kanada dan Chile.




Di Amerika, type HB station wagon lebih dikenal dengan nama "Rio Cinco", di Kanada  dan Korea Selatan dengan nama "Rio RX-V" dan di Chile dengan nama "Rio Look". Di Inggris tidak ada untuk type sedannya (hanya type HB station wagon) dengan nama "Rio" type LX . Di Yunani, versi sedan dan HB station wagon dijual dengan nama sama, yaitu "Rio" type LS.




Generasi pertama Kia Rio menawarkan jenis “only one engine” untuk setiap model yang ada di Amerika: di 96 hp (72 kW) 1.5-liter DOHC I4 gasoline engine dari 2001 sampai 2002. Kemudian berkembang ke versi yang lebih besar: 1.6-liter DOHC dengan empat-silinder di 104 hp (78 kW) yang digunakan selanjutnya untuk model Kia RIO di tahun 2003 sampai 2005. Setiap tahunnya jenis RIO ini mempunyai pilihan “five-speed manual transmission and a four-speed F4A-EL automatic” . Di Amerika versi lima pintu di lengkapi featured power steering dan tachometer, pilihan selain jenis sedan. 



Di Korea sendiri versi type  ini bukan termasuk yang 1.6-liter, mereka hanya memakai jenis “taxation system heavily penalizes” tidak lebih dari 1,500 cc. Versinya adalah lebih tinggi di 84 PS (62 kW) untuk yang versi SOHC 1.3 and 108 PS (79 kW) untuk  yang versi  DOHC 1.5.[5]


KIA RIO SF Sedan (Facelift) -- th 2003-2005

Tahun 2003, KIA Rio mulai memperkenalkan edisi kedua jenis sedan (facelift) dengan type variant baru (diperkenalkan pertama kali di Amerika) dengan perubahan di mesin, suspensi, system pengereman, exterior yang berbeda dari sebelumnya dan juga interior. Setelah jenis sedan (facelift) sebelumnya dikenal dengan nama KIA Rio LS, ,maka setelah tahun 2002, mulailah diperkenalkan KIA Rio SF dipasaran Korea Selatan, "SF" nya mempunyai beberapa nama singkatan yaitu "Science Fiction", "Safety First" and "Street Fighter"







Di Eropa, sedan facelifted Rio hanya mengalami perubahan sedikit di external luarnya dan improvement ada di tipe kapasitas mesin 1.3 dari 75 hp (56 kW) ke 80 hp (60 kW) di 5,500 rpm, dan 86 lb·ft (117 N·m) di 3,000 rpm. Di Iran sedan ini dinamakan  Kia Rio SAIPA mulai tahun 2005. Mobil ini tidak dilengkapi dengan ABS system dan airbag sampai tahun 2011, kapasitas mesin memakai versi 1.5 litre di 96 hp (72 kW) di 5,500 rpm dan 135 N·m (100 ft·lbf) torsi di 4,500 rpm. Tahun 2012, produksi type ini akhirnya di stop yang nantinya akan diganti ke  versi sedan berikutnya (second generation).




Second generation (th2005–2011)

KIA RIO JB Sedan (Facelift) +  Station Wagon (HB) -- th 2005-2011

KIA Rio mulai memperkenalkan “second generation (JB)” di awal tahun 2005 di Eropa and tahun 2006 di Amerika Utara dengan 2 type, facelift dan hatchback, Design awal diambil dari sharing dengan Hyundai Accent. Di Indonesia sendiri jenis variant ini baru masuk di tahun 2011 dan itu pun hanya yang type sedan (facelift). Mesin sdh di upgrade ke 110 hp 1.6-litre DOHC. Mesin sudah memakai "Alpha II" dan juga share dengan Hyundai Accent. Perubahan lainnya termasuk “new exterior design”, termasuk exterior size and interior volume, safety features and fuel economy. Jenis hatchback dinamakan Rio5 di Amerika dan Kanada.


Untuk Kia RIO JB station wagon th 2006 dinamakan Kia RIO LX  di Amerika dan Kanada,  include power steering, air conditioning, and CD player. Versi ini sudah mengusung 3 mesin, Versi 1.6 litre mesin DOHC dengan 110 hp (82 kW), versi 1.4 litre dengan 96 hp (72 kW) dan versi 1.5 L mesin Turbodiesel dengan 109 hp.





Th 2010 model Kia RIO JB (hatchback) berubah menjadi sedan (facelift), adopsi dari bentuk design Kia's new grille Tiger nose. Design sama persis dengan Kia Soul dan Kia Forte,  yang sudah di lengkapi optional Bluetooth hands-free phone operation. Di Inggris, Kia Rio JB sama persis dengan versi yang di Amerika, namun hanya versi yang hatchback yang banyak terjual disana. Untuk mesin berkapasitas 1.4 litre DOHC four-cylinder 16-valve petrol engine, atau a 1.5 litre DOHC four-cylinder 16-valve diesel. Keduanya mempunyai five speed manual gearbox.



KIA RIO PRIDE Station Wagon (HB) -- th 2005-2011
  



Pertama kali diluncurkan th 2007, Jenis variant hatchback ini sekelas dengan Honda Jazz atau Toyota Yaris, namun karena bermerk Kia, jadinya populasinya sedikit. Kia RIO Pride termasuk generasi kedua (2005–2011). Selain hatchback, ada juga jenis sedan (facelift), namun sangat jarang kita temui di Indonesia untuk yang versi ini. Pride bisa di artikan dengan “Kebanggan” tentunya KIA Mobil berharap kalau nantinya mobil ini bisa dibanggakan oleh PT. KIA Mobil, khususnya pengguna KIA Mobil Indonesia.

Dari sisi mesin, KIA Pride yang memiliki 5 pintu ini menggunakan 1.4 DOHC, ini membuat kinerja mesin yang irit bahan bakar, dan disebut oleh PT KIA Mobil Indonesia faktor irit bensin ini adalah berita baik untuk para konsumen, tapi di sisi lain berita buruk untuk para pesaing.



Th 2010, New KIA Pride dilaunching pada tanggal 23 Juni 2010. New KIA Pride, sebagai mobil mini MPV dikelas menengah atau yang biasa kita kenal dengan nama hatchback tentunya memberikan warna baru dalam meramaikan persaingan pasar dunia otomotif khusus nya mobil.
Urusan mesin, tidak ada perubahan untuk spesifikasi mesin New KIA Pride dgn pendahulunya, Pride masih menggunakan mesin KIA dengan volume silinder 1400cc 16 katup yang sudah mengaplikasi teknologi CVVT. Sehingga membuat mobill Pride mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 94ps pada 6000 putaran mesin (RPM) dan torsi maksimum yang bisa di capai adalah 12.7kg.m pada 4700 putaran mesin (RPM).



Untuk bagian interior New KIA Pride memberikan kesan elegan dengan design two tone pada interior nya. ditambah media hiburan yang sudah menggunakan CD, MP3, Port Ipod, dan Port USB.

Third generation (2011–present)

KIA RIO UB (CERRATO) (2011 – Present)

Inilah generasi ketiga Kia Rio yang memulai debut di tanggal 1 Maret 2011, di Geneva Motor Show, kembali kerjasama dengan Hyundai Accent, dengan mengusung featuring  1.4 L or 1.6 L Hyundai GDI Gamma engine



 Produk ini dikenal dengan nama KIA RIO UB CERATTO, namun di China lebih dikenal dengan KIA RIO SPECTRA. Di pasar eropa juga menerima beberapa pilihan, 1.25L Petrol Engine, sama baiknya dgn 1.4L atau 1.1L CRDi Turbo Diesel Engine – mesin 1.1L mempunyat emisi yang sangat rendah dan MPG yang tertinggi dari jenis mobil non-electric atau mobil hybrid, up to 88mpg dan uji emisi hanya 85 grams dari CO2 per kilometer. Pilihan transmisi ada 6-speed manual and 6-speed automatic di pasar amerika, di pasar eropa 5-speed manual untuk 1.25L mesin Petrol, 6-speed manual untuk 1.4L Petrol, 1.1L dan 1.4L Diesels and a 4-speed automatic untuk 1.4L petrol "2" spec model di type 5-door

Oke teman teman anggota BRICO yang saya cintai...semoga info ini bermanfaat yaaa ...

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai gan..klo untuk sparepartnya dimana yang jual lengkap..?

Saya butuh karet support shock depan juga shockbreaker belakang..mohon infonya suhu..terima kasih

Unknown mengatakan...

Kalo untuk part coba chek ke id facebook sinyo sinyo

Kuntodewo mengatakan...

Beli di online Oom, ..banyak kok... kalau beli di toko toko lokal, suka sakit hati, jawabannya selalu tidak ada.